RSS

Khasiat dan Efek Samping Halba



     Halba adalah tumbuhan yang tergolong dalam famili fabaceae. Ditanam di seluruh dunia sebagai tanaman separa gersang, kedua bagiannya memiliki manfaat, daunnya sebagai herba dan bijinya sebagai rempah. Halba juga sering digunakan untuk memasak kari. Sebutan dalam bahasa Melayu "halba", berasal daripada bahasa Arab, "Hilbeh" (حلبة). Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Fenugreek. Nama saintifiknya Trigonella foenum-graecum.
Ini dia gambar biji Halba yang lebih  jelas:


  Halba ini jika dimasak dengan air hingga mendidih (jangan lupa untuk menambahkan gula), kemudian diminum, maka ia bermanfaat untuk melapangkan dada, tenggorokan, dan perut, dan meredakan batuk, asma, gangguan pencernaan, mengencerkan dahak, dan meredakan wasir, ia juga mampu menganalisis kekentalan dahak dada dan mengatur menstruasi.
     Dalam pengobatan modern Analisis rangkaian itu ia kaya protein, fosfor dan karbohidrat mirip dengan minyak ikan cod.
     Dari sumber yang saya baca, di Mesir hidup sekitar 1500 tahun SM Halba ini resep untuk luka bakar dan juga digunakan di Mesir kuno untuk menginduksi persalinan. Dalam abad kelima SM Hippocrates dokter Yunani ramuan fenugreek dianggap memiliki nilai paliatif dan direkomendasikan sebagai obat untuk semua jenis masalah perempuan termasuk radang rahim dan radang pada vagina dan vulva.

Ini nih secara rinci manfaat dari Halba tersebut:
  • Menggunakan biji Halba yang direbus dalam air mendidih untuk mengobati gangguan pencernaan, dysuria dan diare.
  • Merangsang menstruasi pada wanita yang sudah memasuki masa pubertas.
  • Menggunakan Halba bubuk dicampur dengan madu. 1 sendok teh Halba bubuk ditambah dengan sesendok madu diminum tiga kali sehari untuk pengobatan infeksi lambung dan duodenum.
  • Oleh orang-orang kuno di Mesir, Halba diminum dengan madu mampu melawan sembelit kronis, wasir, impotensi, juga berfungsi untuk menghilangkan bintik-bintik dari wajah.
  • Gunakan minuman biji Halba direbus untuk mengobati nyeri dada, terutama asma dan batuk yang sudah lama, juga mengencerkan dahak yaitu dari satu sendok teh biji Halba direbus dengan segelas air selama 10 menit, dan minum sekali sehari.
  • Bagi penderita Diabetes, bisa mengkonsumsi bubuk Halba satu sendok sebelum makan 3x sehari untuk meurunkan kadar gula darah.
  • Digunakan untuk melancarkan menstruasi, khususnya di kalangan perempuan pada usia pubertas dan tingkat menengah, yaitu dengan satu sendok Halba bubuk dua kali sehari. Namun disarankan untuk menjauhi atau tidak  menkonsumsi Halba ini dalam kasus awal kehamilan, hal ini bisa menyebabkan aborsi dalam tiga bulan pertama kehamilan. Sementara disarankan setelah lahir untuk mengkonsumsinya untuk kesehatan di periode ini (post partum).
  • Dan jika meminum secangkir teh Halba disaat perut kosong, mampu membunuh cacing usus dari berbagai macam.
  • Di Mesir untuk pertama kalinya muncul dari pengalaman praktis yaitu dengan mengekstraksikan Halba menjadi minyak halba (زيت الحلبة) yang jika diberikan untuk ibu menyusui 20 tetes tiga kali sehari, produksi air susu (ASI) akan bertambah dan juga meningkatkan ukuran payudara dan membuka selera makan.
  • Untuk pengobatan luka bakar, campurkan serbuk biji fenugreek (Halba bubuk) dengan minyak mawar untuk menyembuhkan luka bakar, insya Allah.
  • Untuk pengobatan luka kulit dan meningkatkan warna kulit, gunakan biji fenugreek yang direbus dengan air hingga mendidih untuk mencuci daerah yang terkena luka sebanyak dua kali sehari.
  • Untuk pengobatan rematik, pilek, nyeri otot, yaitu dengan menggunakan pasta biji fenugreek dengan sesiung bawang putih yang dihancurkan dengan minyak wijen sedikit dan pijatkan pada daerah yang terasa tidak nyaman tersebut.
  • Untuk pengobatan bisul digunakan untuk tapal, campurkan sejumlah  bubuk Halba dengan air hangat kemudian aduk terus sampai campuran menjadi pasta koheren dan kemudian ditempelkan pada bisul dan dibungkus oleh selembar kain, cara/resep resep ini lebih baik atau lebih disukai oleh pengobatan apapun untuk mempercepat pembukaan abses dan pemulihan, resep ini juga dapat digunakan untuk jari bernanah, luka di kaki dan payudara  abses, yang mana  abses disebabkan oleh penyumbatan fistula anal dan eksim.
  • Bubuk fenugreek yang dimasak dalam air dengan ukuran air sebanyak 3liter kemudian didihkan selama 10 menit dan didinginkan maka ini bias menjadi obat bagi perempuan yang menderita nyeri rahim dan kanker, duduk dalam air tersebut.
  • Serangkaian penelitian klinis terbaru menemukan bahwa Halba dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula dalam darah.
  • Juga sangat baik untuk memperlancar proses persalinan.
  • Ini juga merupakan penelitian ilmiah yang dilakukan pada hewan, manunjukkan bahwa Halba mampu mengobati penyakit kanker hati.

Apakah ada bahaya penggunaan Halba ini?
- Jawabannya: Ya, ada peringatan
·         Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi Halba karena dapat menyebabkan kontraksi Rahim, dan dapat menyebabkan keguguran. Tetapi tidak dalam jumlah kecil, seperti yang ditambahkan ke beberapa makanan sebagai rempah/bumbu masakan.
·         Halba juga tidak dapat digunakan untuk anak di bawah usia dua tahun.
·         Penderita diabetes tipe insulin-dependent hanya setelah konsultasi dokter spesialis.
·         Penderita tetap harus cek lab gula darah atau kolesterol untuk memperhitungkan kenaikan dan penurunan hasil pemeriksaan, karena ditakutkan kadar gula dalam darah menjadi drop.
·         Fenugreek juga dapat meningkatkan perdarahan pada penderita dengan gangguan pembekuan darah.
(dikutip dari surat kabar Riyadh. Senin, pada tahun 2007 musim semi pertama tahun 1425)
·         Beberapa orang yang alergi terhadap fenugreek.
     Selain efek samping utama, umumnya Halba atau Fenugreek adalah ramuan yang aman. Ibu Preganant, penderita diabetes, dan mereka dengan gangguan pembekuan darah tidak harus mengambil rempah.
Juga menarik untuk dicatat, jika Anda menggunakan fenugreek untuk meningkatkan suplai ASI, setelah tingkat pasokan yang meningkat telah tercapai, Anda dapat berhenti mengambil ramuan dan produksi ASI Anda akan tetap pada tingkat tinggi.
    
Halba alami berisi equivalant tanaman hormon wanita yang diperlukan untuk memproduksi air susu dan mendorong pertumbuhan jaringan payudara. Bagus nieh buat kaum wanita, tapi ingat! Jangan mengkonsumsinya melebihi dosis (^_>)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

58 comments:

Ace Maxs mengatakan...

bermanfaat nih infonya, terimakasih banyak...

http://herbalkuacemaxs.com/

eko wijaya mengatakan...

apakah ada di indonesia biji halba ini....di jual dan dimana..

rio putra mengatakan...

biji, bubuk dan minyak dari buah halba biasanya dijual ditoko rempah-rempah orang India...semoga bermamfaat..

Nining Suheni mengatakan...

Ada di surabaya 50 rbu 1 kg

Nining Suheni mengatakan...

Ada di surabaya 50 rbu 1 kg

Mario Abel mengatakan...

Di jakarta, dimana yg hual halba?

Mario Abel mengatakan...

Di jakarta, dimana yg hual halba?

Redstrawberry114 mengatakan...

Iya dimana ya dijakarta bs nemu biji ini?

Tonni Budiardjo mengatakan...

Di Bandung di mana yg Jual halba?

Tonni Budiardjo mengatakan...

Di Bandung di mana yg Jual halba?

Sjarif Irzal mengatakan...

Perlu dan bermanfaat seksli

juli setiawan mengatakan...

Daerah bogor ada ga yah.??

nindy ayu mengatakan...

Kl mw beli via online ada yg jual sdh dlm bentuk bubuk kmrn aku beli serch aja di google toko herbal "daun mas" hrga kyknya dibwh 100rb/kg

permata hati mengatakan...

Klw di wilayah NTB dijual dimana ya ?

i am cutf mengatakan...

Tukang jualan bumbu di pasar byk. Di swalayan besar jg ada. Saya bikin kari, selalu pakai halba

Hidup Berkah 25 mengatakan...

Salam bapak InsyaAllah saya ada fenugreek biji dan bubuk.. Mangga jika berminat
08995434445


Hidup Berkah 25 mengatakan...

Salam kami menjual dibawah harga tersebut karena kami grosir

agus saefudin Zuhri mengatakan...

Sepertinya biji ini sangat jarang di temukan di indonesia.
Bagi yang tau tolong dong kasih infonya.

megi susilo mengatakan...

Mirip buah kemiri tu,at kemintin

megi susilo mengatakan...

Mirip buah kemiri tu,at kemintin

danel heryanto mengatakan...

Boleh gan, keluarga ane banyak yg kena diabetes, semoga biji halba bisa nyembuhin keluarga ane, transaksi gimana cara nya ya?

danel heryanto mengatakan...

Boleh gan, keluarga ane banyak yg kena diabetes, semoga biji halba bisa nyembuhin keluarga ane, transaksi gimana cara nya ya?

Unknown mengatakan...

Da yg jual online... biji halba...

Kebayoran Florist mengatakan...

Terimakasih sangat bermanfaat

Novi Ta mengatakan...

Di tukan sayur juga banyak

Novi Ta mengatakan...

:)

Novi Ta mengatakan...

:)

Joko Aryanto08 mengatakan...

Halba klo di jawa apa y namanya tolong kasih tau y trmksh

Joko Aryanto08 mengatakan...

Halba klo di jawa apa y namanya tolong kasih tau y trmksh

pram mulyana mengatakan...

Halba di pasar tradisional terkenal dengan nama klabet..yg jual bumbu pasti.ada.

Pepen Supendi mengatakan...

Mohon lebih jelas dijual mana saja ada , impormasinya makasih

yuli amd mengatakan...

Halba dalam bahasa lainnya apa ya,,,

mohammad arny mengatakan...

Halbah itu....hmmm apa ya???

Adri Anto mengatakan...

yang jual biji halba di makassar di mana ya....? mohon infonya

Unknown mengatakan...

Di daerah Tangerang yang jual bijinya halba Dimna ya?? Mohon informasi dong, penting

Unknown mengatakan...

Di daerah Tangerang yang jual bijinya halba Dimna ya?? Mohon informasi dong, penting

Reen Purwati Tazmoo mengatakan...

Tolong infonya , dimana saya bisa mendapatkannya ..
Terimakasih

Reen Purwati Tazmoo mengatakan...

Tolong infonya , dimana saya bisa mendapatkannya ..
Terimakasih

Petani Serius mengatakan...

Halba itu dalam bahasa Indonesia Klabet. Bhs Melayumya halba.

Ilyas Muhammad mengatakan...

Kantor Obat Herbal, Obat Biar Pintar, Obat Sakit Dada, Obat Kegemukan, Obat Ginjal, Obat Jantung.Segala Penyakit ada obatnya
(kunjungi) Kantor melia nature semarang

Marko Sianipar mengatakan...

(kunjungi)
obat alami mengatasi lemah jantung bawaan sejak lahir

obat alami untuk pengidap lemah jantung yang murah harganya

obat herbal buat penyakit lemah jantung yang ada di apotik

obat herbal buat penyakit lemah jantung yang ada di apotik

obat alami untuk pengidap lemah jantung yang murah harganya

obat tradisional bagi penderita jantung koroner sejak lama

obat ampuh lemah jantung yang murah di pasaran sekarang

gejala dan obat lemah jantung yang mudah didapat di apotik

obat lemah jantung paling ampuh yang ada di apotik terdekat

obat tradisional bagi penderita jantung koroner sejak lama

Marko Sianipar mengatakan...

(kunjungi)
obat alami mengatasi lemah jantung bawaan sejak lahir

obat alami untuk pengidap lemah jantung yang murah harganya

obat herbal buat penyakit lemah jantung yang ada di apotik

obat herbal buat penyakit lemah jantung yang ada di apotik

obat alami untuk pengidap lemah jantung yang murah harganya

obat tradisional bagi penderita jantung koroner sejak lama

obat ampuh lemah jantung yang murah di pasaran sekarang

gejala dan obat lemah jantung yang mudah didapat di apotik

obat lemah jantung paling ampuh yang ada di apotik terdekat

obat tradisional bagi penderita jantung koroner sejak lama

Hidup Berkah 25 mengatakan...

InsyaAllah saya jual ibu/bapak bisa hubungi sy 08989236188. Makasih

Hidup Berkah 25 mengatakan...

Bisa hubungi saya mas saya jual. 08989236188. Makasih

Hidup Berkah 25 mengatakan...

Saya jual mba/mas silahkan menghubungi saya 08989236188

Ilyas Muhammad mengatakan...

PT. Melia Sehat Sejahtera (MSS) Makassar ber alamat di: Perum Nusa Tamalanrea Indah Blok G No. 11, Jl Perintis Kemerdekaan KM 13, Makassar (kunjungi) Kantor propolis melia di makassar

Andi Sinaga mengatakan...

Obat Lemah Jantung herbal saat ini sedang marak di gunakan sebagai obat-obatan dalam penanganan lemah jantung, sebelum masuk kepada pembahasan obat lemah jantung, ada baiknya membaca dahulu sedikit paparan materi tentang lemah jantung untuk memastikan diagnosa penyakit yang di idap
(kunjungi) obat lemah jantung

Marko Sianipar mengatakan...

Kami telah melakukan survei nutrisi untuk jantung sehat bagi anda yang sibuk, sebanyak 8 tipe sayur dan buah. Dan kami akan paparkan khusus hanya untuk anda.(kunjungi) Nutrisi Untuk Jantung Sehat Bagi Anda Yang Sibuk

Wisdomia TV Indonesia mengatakan...

Kalau yang kesulitan dapat halba bisa dibeli di sini https://m.tokopedia.com/karuna-mart/halba-kelabat

Jian Xin Capsule for Heart mengatakan...

Tanda Awal Sakit Serangan Jantung Pada Lelaki atau Pria , Nyeri Dada, Nyeri Dada Memancar, Berlebihan Berkeringat, Kulit Berkeringat dan Dingin adalah respons (kunjungi) Tanda Awal Sakit Serangan Jantung Pada Lelaki atau Pria

Unknown mengatakan...

Kebetulan saudara saya sedang cari info pembeli an biji halba

Putra Syamsul Putra Akmal mengatakan...

Kalau mau saya ada jual biji halba.boleh hubungi melalui email saya..datoksyam6635@gmail.com

Putra Syamsul Putra Akmal mengatakan...

Kalau mau saya ada jual biji halba.boleh hubungi melalui email saya..datoksyam6635@gmail.com

supriyono mengatakan...

kalau di jawa apa ya namanya?

Rustanto Adhi, Dipl.Eng. mengatakan...

Akan lebih meyakinkan dan menguatkan bila ada pernyataan sipenderita dapat sembuh.

Tutut Farid mengatakan...

Mama saya punya penyakit gula tp tdk parah, sakit jantung juga klep bocor apakah dg penggunaan biji halba + sereh + kelapa yg d bakar jd satu, itu aman? Mhon infonya yahh. Terimakasih

amelia mengatakan...

sy beli bumbu rempah soto salero padang di dalamnya ada biji ini dan sy tidak tau namanya,,,dan belakangan ini sy baru tau lewat berita2 yg nongol di fb ternyata namanya halba

Joy Jt mengatakan...

Saya skrg berada di Singapore. Disini terdapat bnyk halba asli krn Singapore termasuk bnyk jg warga India. Yg berminat sms wa di +6590121269

Poskan Komentar